Vokal
Scream dan Growl
Suara
atau yang akrab kita sebut dengan vokal, dalam bermain musik atau band
sangantlah penting, karena vokal di tempatkan sebagai objek yang pundamental
dalam bermusik, saya kali ini membahas atau share maslah bagaimana karakter
vokal scream atau chord dan growl itu kita bisa lebih mahir dalam memainkanya
dan prepisional easy and menjadi masternya rocker.
Dan sebenarnya berlatih memainkan karakter vokal ini sangatlah susah dan membutuhkan kewaspadaan dalam berlatihnya, karena bagaimanapun karakter vokal scream ini mengandalkan dari kerongkongkan tenggorokan yang setiapkali dalam perbait atau kata kita harus mengeluarkan suara itu, saya memakai cara secara userfriendly saja, yang bisa kita lakukan pada kegiatan sehari-hari baik di rumah atau di tempat yang sepi, yang setidaknya jauh dari keramaian orang untk melatihnya, karena vokal scream seperti yang anda sudah ketahui memiliki karakter hardvoice, setidaknya kita bisa menjaga situasi yang ada pada lingkungan, gunakan lingkungan sebagai wadah kamu konser band yang ramah dan dan penuh energy.
Dan sebenarnya berlatih memainkan karakter vokal ini sangatlah susah dan membutuhkan kewaspadaan dalam berlatihnya, karena bagaimanapun karakter vokal scream ini mengandalkan dari kerongkongkan tenggorokan yang setiapkali dalam perbait atau kata kita harus mengeluarkan suara itu, saya memakai cara secara userfriendly saja, yang bisa kita lakukan pada kegiatan sehari-hari baik di rumah atau di tempat yang sepi, yang setidaknya jauh dari keramaian orang untk melatihnya, karena vokal scream seperti yang anda sudah ketahui memiliki karakter hardvoice, setidaknya kita bisa menjaga situasi yang ada pada lingkungan, gunakan lingkungan sebagai wadah kamu konser band yang ramah dan dan penuh energy.
Karakter
vokal scream ini ada yang menggunakan teknik vibrato (suara getar) yg paling
penting, untuk vocal ini apa cukup dengan hanya menaik-turunkan pitch nada ,
berlatih dari nada yang pelan-pelan tetapi tidak mengurangi karakter Scream
yang ada meskipun pelan-pelan hingga jadi cepat secara otomatis bergetarnya,
Hirup
udara sediktit demi sedikit dengan teknik scream
ada lagi
sih teknik2 vibra lain yg gua prnah dgr, sperti misalnya: katanya dengan
“permainan nafas” ?
ato ada
lagi, katanya dengan “permainan lidah & gerak mulut” ?
bahkan
katanya banyak yg “malsuin vibra” di pop/rock ya? …
Cara
Alternatif untuk memperindah suara Scream diantaranya dengan ramuan :
1. Jangan
merokok
2. minum
air embun yang sudah di simpan untuk beberapa hari disimpan dan minum di pagi
hari
3. minum
serat jeruk
4. air
serbat, atau wedang asem
5. mimi
wedang bandrek (jahe)
Cara
natural:
1. Sering
berlatih Suara band cadas (scream) min 2jam
2. Atur
pernafasan untuk keluar masukan 8jam dalam 1hr
UNSUR-UNSUR
TEKNIK VOCAL :
1.
Artikulasi, adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
2.
Pernafasan adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian
disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan.
Pernafasan
di bagi tiga jenis, yaitu :
Pernafasan
Dada: cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
Pernafasan
Perut: udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan
cepat lelah.
Pernafasan
Diafragma: adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena
udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan
stabilitas vocal yang baik.
1.
Phrasering adalah : aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga
mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
2. Sikap
Badan : adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk,
atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
3.
Resonansi adalah : usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan
rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan
tenggorokan.
4.
Vibrato adalah : Usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara
memberigelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap
akhir sebuah kalimat lagu.
5.
Improvisasi adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian
melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.
6.
Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.
Syarat-syarat
terbentuknya Intonasi yang baik :
Pendengaran
yang baik
Kontrol
pernafasan
Rasa
musical.
NADA
adalah bunyi yang memiliki getaran teratur tiap detiknya.
SIFAT
NADA ADA 4 (EMPAT) :
1. FITCH
yaitu ketepatan jangkauan nada.
2. DURASI
yaitu lamanya sebuah nada harus dibunyikan
3.
INTENSITAS NADA yaitu keras,lembutnya nada yang harus dibunyikan.
4. TIMBRE
yaitu warna suara yang berbeda tiap-tiap orang.
AMBITUS
SUARA adalah luas wilayah nada yang mampu dijangkau oleh seseorang.
Seorang
penyanyi professional harus mampu menjangkau nada-nada dari yang paling rendah
sampai yang paling tinggi sesuai dengan kemampuannya.
CRESCENDO
adalah suara pelan berangsur-angsur keras.
DESCRESCENDO
adalah suara keras berangsur-angsur pelan.
STACATO
adalah suara dalam bernyanyi yang terpatah-patah.
SUARA
MANUSIA DIBAGI 3 (TIGA) :
1. Suara
Wanita Dewasa ;
Sopran
(suara tinggi wanita)
Messo
Sopran (suara sedang wanita)
Alto
(suara rendah wanita)
1. Suara
Pria Dewasa :
Tenor
(suara tinggi pria)
Bariton
(suara sedang pria)
Bas
(suara rendah pria)
1. Suara
Anak-anak :
Tinggi
Rendah.
TANGGA
NADA DIATONIS adalah rangkaian 7 (tujuh) buah nada dalam satu oktaf yang
mempunyai susunan tinggi nada yang teratur.
Tangga
Nada Diatonis Mayor adalah Tangga Nada yang mempunyai jarak antar nadanya 1
(satu) dan ½ (setengah).
Ciri-ciri
tangga nada Diatonis Mayor :
1.
Bersifat riang gembira
2.
Bersemangat
3.
Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C
4.
Mempunyai pola interval : 1 , 1 ,. ½, 1 , 1 , 1, ½
Ciri-ciri
Tangga nada Diatonis Minor :
1. Kurang
bersemangat.
2.
Bersifat sedih
3.
Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La = A
4.
Mempunyai pola interval : 1 , ½ , 1 , 1 , ½ , 1 , 1 .
Catatan :
Teori ini kurang sesuai dengan musik Dangdut yang banyak berkembang di
Indonesia.
Contoh
Lagu yang bertangga nada Mayor : Maju Tak Gentar, Indinesia Raya, Hari merdeka,
Halo-halo Bandung, Indonesia Jaya, Garuda Pancasila, Mars Pelajar.
Contoh
Lagu yang bertangga nada Minor : Syukur, Tuhan, Gugur Bunga.
TANGGA
NADA KROMATIS adalah tangga nada yang mempunyai jarak antar nadanya hanya ½ .
Contoh : C – Cis – D – Dis- E – F – Fis – G – Gis – A – Ais – B
TANGGA
NADA ENHARMNONIS adalah rangkaian tangga nada yang mempunyai nama dan letak
yang berbeda, tetapi mempunyai tinggi nada yang sama.
Contoh :
Nada Ais-Bes, Cis-Des, Gis-As, Dis-Es, Fis-Ges.
APRESIASI
yaitu Totalitas kegiatan yang meliputi penglihatan, pengamatan, penilaian, dan
penghargaan terhadap suatu karya seni.
BIRAMA
adalah ketukan tetap yang berulang-ulang pada sebuah lagu. Contoh birama :
2/4 , 3/4
, 4/4 , 6/8
PADUAN SUARA
adalah Penyajian musik vocal yang terdiri dri 15 orang atau lebih yang
memadukan berbagai warna suara menjadi satu kesatuan yang utuh dan dapat
menampakan jiwa lagu yang dibawakan.
JENIS-JENIS
PADUAN SUARA :
1. Paduan
Suara UNISONO yaitu Paduan suara dengan menggunakan satu suara.
2. Paduan
Suara 2 suara sejenis, yaitu paduan suara yang menggunakan 2 suara manusia yang
sejenis, contoh : Suara sejenis Wanita, Suara sejenis Pria, Suara sejenis
anak-anak.
3. Paduan
Suara 3 sejenis S – S – A, yaitu paduan suara sejenis dengan menggunakan suara
Sopran 1, Sopran 2, dan Alto.
4. Paduan
Suara 3 suara Campuran S – A – B, yaitu paduan suara yang menggiunakan 3 suara
campuran , contoh : Sopran, Alto Bass.
5. Paduan
suara 3 sejenis T- T – B, yaitu paduan suara 3 suara sejenis pria dengan suara
Tenor 1, Tenor 2, Bass.
6. Paduan
Suara 4 suara Campuran, yaitu paduan suara yang mengguanakan suara campuran
pria dan wanita, dengan suara S – A – T – B. Sopran, Alto, Tenor, Bass.
DIRIGEN /
CONDUCTOR adalah orang yang memimpin Paduan Suara.
Syarat-syarat
seorang Dirigen/ Conductor yang baik :
1.
memiliki sifat kepemimpinan
2.
memiliki ketahanan jasmani yang tangguh
3.
sebaiknya sehat jasmani dan rohani
4.
simpatik
5.
menguasai cara latihan yang efektif
6.
memiliki daya imajinasi yang baik
7.
memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan bermain musik.
TANDA
DINAMIK adalah tanda utuk menyatakan keras, lembutnya sebuah lagu yang
dinyanyikan. Contoh-contoh Tanda Dinamik :
1. f :
forte = keras
2. ff :
fortissimo = sangat keras
3. fff :
fortissimo assai = sekeras mungkin
4. mf :
mezzo forte = setemgah keras
5. fp :
forte piano = mulai dengan keras dan diikuti lembut
6. p :
piano = lembut
7. pp :
pianissimo = sangat lembut
8. ppp :
pianissimo possibile = selembut mungkin
9. mp :
mezzo piano = setengah lembut
PERUBAHAN
TANDA DINAMIKA :
-
Diminuendo (dim) : melembut
-
Perdendosi : melembut sampai hilang
-
Smorzzande : sedikit demi sedikit hilang
- Calando
: mengurangi keras
- Poco a
poco : sedikit demi sedikit / lambat laun
-
Cresscendo : berangsur-angsur keras
-
Decrsescendo : berangsur-angsur lembut
TANDA
TEMPO adalah tanda yang diguakan untuk menunjukan cepat atau lambatnya sebuah
lagu yang harus dinyanyikan. A.TANDA TEMPO CEPAT :
1.
Allegro : cepat
2.
Allegratto : agak cepat
3.
Allegrissimo : lebih cepat
4. Presto
: cepat sekali
5.
Presstissimo : secepat-cepatnya
6. Vivase
: cepat dan girang
B. TANDA
TEMPO SEDANG :
1.
Moderato : sedang
2.
Allegro moderato : cepatnya sedang
3.
Andante : perlahan-lahan
4.
Andantino : kurang cepat
C. TANDA
TEMPO LAMBAT :
1. Largo
: lambat
2.
Largissimo : lebih lambat
3.
Largeto : agak lambat
4. Adagio
: sangat lambat penuh perasaan
5. Grave
: sangat lambat sedih
6. Lento
: sangat lambat berhubung-hubungan.
0 komentar:
Posting Komentar